Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat,
informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara
personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal.[rujukan?]
Komunikasi
bisnis melibatkan pertukaran informasi yang terus-menerus. Lebih banyak bisnis
diperluas, lebih besar tekanannya pada bisnis tersebut untuk menemukan cara
komunikasi yang lebih efektif – bersama para pekerja dan dengan dunia di luar.
Dengan demikian, bisnis dan komunikasi berjalan bergandengan tangan.
Dalam
komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok, yaitu:
·
Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan
yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.[rujukan?]
·
Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau
lbih yakni komunikator dan komunikan.[rujukan?]
·
Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang
bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.[rujukan?]
·
Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat
tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau
jutaan orang secara bersamaan.[rujukan?]
·
Menggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode
yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.[rujukan?]
·
Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang
membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan
yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.[rujukan?]*
Tidak ada komentar:
Posting Komentar